Pages

Senin, 29 Agustus 2016

REVIEW ETUDE HOUSE SUNPRISE MUST DAILY SPF 50+ PA+++

Hello Girls!

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman dalam menggunakan Etude House Sunprise Must Daily yaitu suatu produk sunscreen keluaran Etude House yang telah saya gunakan sekitar 4 bulan lamanya. Selain Sunprise Must Daily, Etude House juga telah mengeluarkan tipe sunscreen jenis lain diantaranya Sunprise All proof, Sunprise Natural Corrector, dan masih banyak lagi. Why I choose Sunprise Must Daily? Sebenarnya itu karena online shop yang salah kirim, sebelumnya saya pesan Sunprise All proof but...ah ya sudahlah, intinya saya ingin melindungi kulitku dari UV rays agar terhindar dari flek hitam dan penuaan dini. 

Sunscreen atau sunblock terdiri dari 2 jenis yaitu chemical sunscreen dan physical sunscreen. Chemical sunscreen bekerja dengan menyerap UV rays sedangkan physical sunscreen bekerja dengan membelokkan UV rays. Chemical sunscreen biasanya terdiri dari Octylcrylene, Avobenzone, Octinoxate, Octisalate, Oxybenzone, Homosalate, Helioplex, dan masih banyak lagi. Physical sunscreen biasanya terdiri dari Titanium dioxide (TiO2) dan Zinc oxide (ZnO).

Etude House Sunprise Daily merupakan sun lotion dengan SPF 50+ dan PA+++ yang mengandung  vitamin D serta diperuntukan untuk penggunaan sehari-hari. Produk ini diklaim mampu melindungi kulit dari UV rays tanpa rasa lengket serta dapat melembabkan kulit ketika digunakkan. Sunprise Must Daily ini mengandung beberapa bahan alami yang bermanfaat untuk kulit diantaranya dwarf ground sedge extract dan VitaDmax untuk melindungi kulit, acai berry dan acerola untuk memperkuat vitalitas kulit, aloe vera dan linden flower untuk melembabkan kulit.

Menurut produsennya, produk ini cocok digunakan untuk semua jenis kulit termasuk oily skin but mereka merekomendasikan Sunprise All proof untuk hasil matte. Nah firasatku sebelum memakainya nih, sunscreen ini bakal bikin wajahku berminyak, kusam, berjerawat, dan berkomedo seperti semua sunscreen terdahulu yang pernah saya pakai. Sunprise Must Daily ini saya beli di Bukalapak seharga Rp100.000, masalah harga tergantung online shop karena saya juga menemukan online shop yang menjualnya dengan harga Rp90.000 an. Baiklah, tanpa perlu panjang lebar lagi berikut ini adalah ulasannya.



Ada daftar ingredientsnya

Dari segi kemasan rasanya saya ga perlu memberikan ulasan panjang lebar karena dapat dilihat dari foto diatas. Kemasan tube 50 gram terbuat dari plastik dengan ukuran sedang yang memudahkan pengguna untuk membawanya ke manapun dibutuhkan, desain kemasannya juga simple tapi tetap terlihat cute ciri khas Etude House.


Dilihat dari daftar ingredientsnya, Etude House Sunprise Must Daily merupakan perpaduan chemical sunscreen dan physical sunscreen. Tertera kandungan Homosalate (Chemical Sunscreen) dan Titanium Dioxide (Physical Sunscreen), selain itu terdapat juga kandungan Sodium Hyaluronate yang merupakan pelembab yang sangat baik untuk kulit.

Cara penggunaanya sangat mudah, cukup oleskan ke bagian kulit yang akan terpapar sinar matahari (UV rays). Saya pribadi biasa mendiamkannya selama 15-20 menit sebelum pergi keluar rumah, alasannya karena produk ini juga mengandung Chemical Sunscreen yang membutuhkan waktu sekitar 20 menit sebelum sunscreen mulai bekerja menyerap sinar matahari.

Teksturnya gel lotion mirip seperti Skinaqua UV Moisture Gel

Hasilnya kelihatan dewy but malah agak kusam


Saya menggunakan Etude House Sunprise Must Daily ini setiap hari disaat matahari masih bersinar, jadi entah sedang berada diluar rumah maupun didalam rumah saya tetap menggunakannya. Why I still to wear sunscreen indoors? karena UV rays masih bisa masuk melewati jendela, kecuali jika kamu berada di ruangan tanpa jendela. Saya pernah membaca bahwa sunscreen perlu diaplikasikan selama beberapa jam sekali but haha itu agak rempong ya, saya memakainya mulai dari pagi sampai siang kemudian siang hari saya mengaplikasikannya lagi hingga sore. Hasilnya, of course kulit wajah saya yang sangat tipis ini tidak lagi memerah dan perih akibat pengaruh buruk UVB dan tidak 'tanning' karena pengaruh UVA because I don't fit in tanned skin, it makes me look like umm...'kremos' (if you don't know 'kremos' it's mean kusam dan kucel) meskipun begitu ya tentu saja banyak orang yang looks good in their tanned skin contohnya Agnes Monica dan Anggun, they're always beautiful in their tanned skin. 

Selain klaim perlindungan dari UVA dan UVB yang udah terbukti, klaim melembabkan kulit pun saya rasakan terbukti karena terkadang ketika saya sedang malas memakai moisturizer kulit saya tetap terasa dilembabkan oleh produk sunscreen ini meskipun terkadang malah jadi oily. Tapi itu semua tergantung kondisi kulit tiap-tiap orang yang menggunakan ya, kalau yang menggunakan adalah dry skin/normal skin type saya rasa akan baik-baik saja. Produk ini juga cepat meresap dikulit dan bisa digunakan sebelum memakai make up karena tidak membuat make up menjadi tidak rata serta tidak menimbulkan white cast.

Sekarang saatnya membahas apa yang saya rasa kurang berkenan dari Etude House Sunprise Must Daily ini. Pertama, not recommended to combination skin type and of course also to oily skin, why? because it makes the combination/oily skin type feel greasy. Kedua, it makes my skin look dull/kusam tapi ini pengalaman pribadi ketika saya menggunakannya, saya belum tahu apakah orang lain yang juga menggunakan produk ini juga mengalami hal serupa. Ketiga, it clogs pores! wauww... padahal tadinya semuanya baik-baik saja di awal pemakaian but lama kelamaan kulit wajahku jadi berkomedo dan mulai timbul jerawat meskipun cuma 1 atau 2 tapi itu sangat menggangu, tapi ga kaget karena memang kulitku acne prone, mungkin ada beberapa kandungan diproduk ini yang ga cocok untuk kulitku.

Kesimpulan & Saran :

Sampai pada kesimpulan. Etude House Sunprise Must Daily ini memiliki pertahanan super strong dalam menghadapi UV rays, buktinya kulitku tetap fine meskipun sinar matahari di Kota Palu 'lain dari yang lain' alias 'super terik'. Selain itu, produk ini bisa single use kalau kalian tidak sempat pakai pelembab, lebih suka kepraktisan, atau pelembab kalian habis terus belum sempat beli lagi (pengalaman pribadi). 

Sedikit saran dari saya berdasarkan pengalaman ini, jika kalian memiliki kulit combination/oily skin type lebih baik gunakan produk lain misalnya Etude House Sunprise All Proof but bagi pemilik Dry/Normal skin type kalian sungguh beruntung karena produk ini akan fine-fine saja untuk kalian, nah bagi pemilik kulit sensitif lebih baik kalian gunakan mild sunscreen. Dan jangan lupa untuk membersihkan kulit dari sunscreen secara khusus, biasanya saya menggunakan cleansing oil/cream/water untuk menghindari pore clogging. Satu lagi, jangan malas menggunakan sunscreen meskipun kalian berada didalam ruangan karena UV rays itu JAHAT untuk kulitmu!

Sekian ulasan dari saya untuk Etude House Sunprise Must Daily, ulasan ini saya tulis berdasarkan pengalaman pribadi saya dan semuanya sungguhan tidak ada yang dibuat-buat. Meskipun saya kurang cocok dengan produk ini tapi saya tetap fans produk Etude House dan ingin mencoba lagi Etude House Sunsprise lainnya. Terima kasih untuk kalian yang telah membaca artikel ulasan ini, saya harap dapat bermanfaat dan jangan sungkan untuk memberi komentar, saran, maupun kritik. Sankyuu...

0 komentar:

Posting Komentar